Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name
Username
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Workshop Analisis IPM dan Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2018

Rate this item
(0 votes)

Boyolali, 19 September 2018

 

BP3D (Badan Perencanaan Pengembangan dan Penelitian Daerah Kabupaten Boyolali) menyelenggarakan Workshop Analisis Indeks Pembangunan Manusia dan Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2018 di Aula BP3D, pada hari Rabu 19 September 2018.

 
IPM  adalah Indeks Pembangunan Manusia yang merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk). Seluruh negara di dunia menghitung IPM karena dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara.  Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu indikator untuk  penentuan Dana Alokasi Umum (DAU) di masing masing Kabupaten / Kota.

Maksud dari kegiatan Workshop  IPM  ini adalah dalam rangka menyamakan persepsi mengenai konsep pembangunan manusia di Kabupaten Boyolali, dan mensinergikan program/kegiatan untuk peningkatan IPM di Kabupaten Boyolali, maka BP3D Kabupaten Boyolali menyelenggarakan Workshop pada hari ini untuk menganalisa angka IPM yang dapat dipakai sebagai bahan penyusunan Program/Kegiatan guna mendukung capaian target kenaikan IPM, sekaligus sebagai upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Boyolali. Hasil Workshop  selanjutnya diharapkan akan menjadi salah satu bahan informasi yang penting bagi para Kepala OPD untuk  mengkaji dan menyesuaikan program dan kegiatan  di masing masing OPD yang  mendukung capaian target kenaikan  IPM Kabupaten Boyolali.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan penyelenggaraan Workshop Analisis  Indeks Pembangunan Manusia dan  Pengendalian Inflasi Kabupaten Boyolali Tahun 2018  antara lain :
-    Mengidentifikasi berbagai program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Kabupaten Boyolali yang berorientasi pada  Peningkatan pembangunan manusia;
-    Memperoleh masukan tentang aspek-aspek yang dibutuhkan dalam melakukan kajian program dan kegiatan untuk mendukung capaian target peningkatan  IPM Kabupaten Boyolali  2018
-    Mengetahui strategi dalam meningkatkan angka IPM dan Pengendalian Inflasi.

Pembukaan acara workshop dibuka secara resmi oleh Bapak Wakil Bupati Kab. Boyolali Muh. Said Hidayat, SH. Peserta Workshop adalah seluruh OPD   se Kabupaten Boyolali terdiri dari Kepala OPD dan Pejabat yang terkait.

Narasumber dari Universitas Gadjah Mada Albertus Girik Allo, M.Si, Ph.D. (Cand.), adalah Dosen Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Magister Ekonomika Pembangunan, menyampaikan materi "Kebijakan Umum Peningkatan Angka IPM dan Pengendalian Inflasi di Daerah".

Narasumber dari Badan Pusat Statistik Kab. Boyolali :

1. Drs. SUGITA, MM - KEPALA BPS KAB. BOYOLALI. Menyampaikan materi "PERAN BPS DAN KETERSEDIAAN DATA"

2. ANA AFIQOTUL AZQIYAH, S.ST, M.Si - KEPALA SEKSI STATISTIK PRODUKSI . Menyampaikan materi "IPM dan DAN KEBIJAKAN DAERAH"

3. SUDARMADI, S.ST - KEPALA SEKSI  NERACA WILAYAH DAN ANALISIS. Menyampaikan materi "KETERBANDINGAN IPM ANTAR WILAYAH DI PROVINSI JAWA TENGAH".

Nilai IPM Kabupaten Boyolali tahun 2017 adalah 72,64, ini sudah masuk kategori tinggi. Kabupaten Boyolali menduduki posisi 5 (lima) dari 7 (tujuh) Kabupaten se-Subosukawonosraten. Tertinggi di Kota Surakarta dengan nilai IPM 80,85. Sedangkan untuk antar Kabupaten se-Jawa Tengah, Kabupaten Boyolali menduduki posisi ke 12 (dua belas). Tertinggi Kota Semarang dengan nilai IPM 82,01.

Sebagai catatan indikator IPM yang harus dipacu keras peningkatannya adalah "rata-rata lama sekolah" yang masih sangat tertinggal dibanding indikator yang lain. Hal ini karena banyaknya siswa yang putus sekolah dan atau tidak melanjutkan menempuh pendidikan tinggi. Kita harus menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan untuk meraih kesejahteraan yang lebih baik ke depannya.

Harapannya dari Workshop ini adalah dukungan program dan kegiatan OPD di Kabupaten Boyolali untuk meningkatkan angka IPM di Boyolali secara signifikan, yang berarti juga meningkatnya secara signifikan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Boyolali.


 

Download Materi Workshop Analisis Indeks Pembangunan Manusia dan Pengendalian Inflasi Tahun 2018 di bawah ini :

Materi Workshop IPM 2018