Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name
Username
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PERINGATAN HARGANAS KE-23 TAHUN 2016 DI BOYOLALI

Rate this item
(0 votes)

Pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2016, di alun-alun Kabupaten Boyolali, digelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23. Walaupun sebenarnya HARGANAS di peringati setiap tanggal 29 Juni, tetapi karena pada tahun ini tanggal 29 Juni bertepatan dengan bulan Romadhon, maka peringatan HARGANAS ke-23 se-Jawa Tengah tahun 2016 ini di selenggarakan pada tanggal 10 Agustus 2016.

 

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin langsung peringatan Hari keluarga Nasional (Harganas) ke-23 se-Jawa Tengah tahun ini, peringatan ini dihadiri oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. Surya Chandra Surapaty, MPH., Ph.D. Sejumlah kegiatan digelar di alun-alun Boyolali, salah satunya penyerahan hadiah kepada pemenang lomba keluarga berencana tingkat Provinsi Jawa Tengah.



Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty menjelaskan, bahwa dalam arah pembangunan Indonesia yang tertuang dalam Nawacita, disebutkan bahwa BKKBN merupakan satu-satunya lembaga yang diberi tanggung jawab untuk mewujudkan prioritas pembangunan, terutama pada prioritas yang kelima, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Dengan peningkatan SDM sangat menentukan upaya peningkatan kesejahteraan Indonesia. Selama ini, pentingnya revolusi mental termasuk peran keluarga dalam revolusi mental. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa secara sosiologi keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Dalam peringatan Harganas tahun ini, BKKBN lebih memfokuskan pada kegiatan pelayanan masyarakat, seperti layanan KB, konsultasi, dan kegiatan pembinaan keluarga sejahtera.


Sementara menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, keluarga merupakan tahapan awal kehidupan individual manusia, sehingga keluarga menjadi cerminan kepribadian terhadap keluasan pengetahuan dan ilmu yang dimiliki. Oleh karenanya, seseorang dikatakan berhasil apabila didukung oleh keluarga kuat.



Dan Harganas merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa untuk mewujudkan masyarat Indonesia, khususnya Jawa Tengah lebih sejahtera. Peringatan Harganas sendiri bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah, terkait pentingnya membangun keluarga dengan meningkatkan peran serta fungsi keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil sejahtera. Momentum Harganas dianggap pantas dijadikan sebagai wahana untuk merenung agar dapat memberi keyakinan bahwa fungsi keluarga merupakan salah satu jawaban terbaik untuk menjalani tantangan hidup yang semakin kompleks.

 

Dalam Peringatan Harganas dan Hari Anak Nasional di Boyolali kemarin juga dibacakan Deklarasi Suara Anak Jawa Tengah, pameran produk unggulan Daerah se-Jawa Tengah dan roadshow mobil unit penerangan (mupen) KB ke seluruh pelosok Kabupaten Boyolali. Roadshow Mupen ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat KB dengan tujuan akhir membentuk keluarga sejahtera, dan peran mobil ini cukup penting untuk menekan angka pertumbuhan di Jawa Tengah di bawah satu persen.

 

 

 

 

 

 

 

 

Read 556 times
Last modified on Thursday, 11 August 2016 03:25