Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name
Username
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

RAKORPOK II TAHUN 2016

Rate this item
(0 votes)

Rakorpok II Tahun 2016 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2016, di Pendopo Ageng Kabupaten Boyolali.

Acara dibuka dengan dengan laporan penyelenggaraan oleh Kasubag Pembangunan Setda Kabupaten Boyolali Ahmad Gojali, S.Sos, MT.

Paparan pertama dari Kepala Bappeda Kabupaten Boyolali  yang diwakili oleh Kabid PPEL Drs.Kariyono, S.Sos, MM, menyampaikan materi Sosialisasi  Permendagri No. 18 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi RKPD Tahun 2017; Pengendalian dan Evaluasi RKPD Tahun 2016 dan Progres Laporan Evaluasi RKPD Kabupaten Boyolali Tahun 2016.


Paparan kedua dari Asisten Ekbangkesra Setda Kabupaten Boyolali Drs, Sugiyanto, M.Si, menyampaikan materi Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2016.

Penyerapan Anggaran dan Progres Fisik Kegiatan Tahun 2016 perlu ditingkatkan karena capaiannya masih rendah.

Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain :
-    SKPD pengampu kegiatan agar lebih intens didalam mengkoordinasikan semua pihak yang terlibat dilalam kegiatan pekerjaan.
-    Mengecek kembali hasil dari konsultasi perencana baik itu gambar, RAB, spek dll sehingga output pekerjaan benar benar sebuah detail design bukan pre design yang masih sering mengalami perubahan ketika diaplikasikan di lapangan.
-    Kepala SKPD agar memfungsikan konsultan pengawas dan memberikan teguran bila tidak terlihat / tidak berada dilapangan.
-    Mengawasi dan memantau kontraktor pelaksana agar konsekuen dengan dokumen kontrak yang telah disepakati sehingga hasil akhir pekerjaan akan bisa tertib waktu, tertib mutu dan tertib administrasi.
-    Memerintahkan pada pihak rekanan pemenang kegiatan/proyek agar segera meng upload progres kegiatan ke website http://simdalbangbyl.net/new sehingga pemantauan dan pengendalian terhadap progres kegiatan  bisa terus termonitor.

Paparan ketiga dari DPU-ESDM yang menyampaikan materi Pelaksanaan Kegiatan Belanja Langsung s/d bulan Juni 2016.
-    DPU-ESDM mempunyai 180 paket pekerjaan fisik, sehingga memerlukan lebih banyak waktu dalam persiapan pelaksanaannya.
-    Sampai dengan bulan Juni 2016, pelaksanaan Belanja Langsung penyerapan keuangan 11% dan progres fisik 16%.
-    Pelaksanaan lelang agak mundur hal ini disebabkan adanya perubahan standar harga, yang berakibat pada proses perencanaan berubah sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.
-    Banyak paket pekerjaan yang antri di ULP menunggu giliran pelaksanaan Lelang.
-    Penyerapan anggaran masih keci. Banyak pekerjaan fisik yang dilaksanakan oleh pihak ketiga dan saat ini baru proses pelaksanaan, sebagian besar baru proses pengajuan UMK.
-    Progres fisik masih rendah --- pelaksanaan lelang baru selesai bulan juni/pekerjaan baru dimulai .
-    Banyak paket yang nilainya di bawah 200 jt, sehingga memerlukan waktu perencanaan yang banyak sementara SDM terbatas.
-    Terbitnya SE Menkeu RI Nomor SE-10/MK.07/2016 tanggal 8 April 2016 tentang Pengurangan/Pemotongan DAK Fisik Secara mandiri TA 2016, sehingga harus melakukan proses perencanaan ulang, hal ini mengakibatkan lelang mundur.

Beberapa penekanan dari Bu Sekda Kabupaten Boyolali Dra. Sri Ardiningsih, MM, antara lain :
-    Capaian Kinerja SKPD tahun ini menurun dari tahun sebelumnya, sehingga semua SKPD harus terpacu untuk segera melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan serta meningkatkan kinerjanya.
-    Kegiatan APBD Tahun 2016 yang belum masuk dalam RKPD Tahun 2016, harus segera ditindaklanjuti untuk dimasukkan ke dalam RKPD Perubahan.

Pada acara ini Bapak Bupati Boyolali Drs. Seno Samodro, memberikan arahan kepada SKPD untuk bisa menjalankan tugas masing-masing SKPD dalam mencapai Visi dan Misi Kabupaten Boyolali. Seluruh pegawai harus fokus menjalankan Tupoksinya untuk menyukseskan Visi dan Misi Kabupaten Boyolali.

Read 435 times