Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name
Username
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

CAPACITY BUILDING PERSIAPAN PENYUSUNAN RPJMD 2016-2021 DENGAN SKPD SE-KAB. BOYOLALI

Rate this item
(0 votes)

Kegiatan Capacity Building Persiapan Penyusunan RPJMD Kabupaten Boyolali Tahun 2016-2021 diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Boyolali pada hari Selasa tanggal 13 Oktober 2015 di Ruang Rapat RM. Elangsari Boyolali.


 
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan informasi tentang cara penyusunan RPJMD Kabupaten Boyolali Tahun 2016-2021 kepada SKPD se-Kabupaten Boyolali, sehingga menghasilkan pemahaman yang sama tentang tahapan dan tata cara penyusunan RPJMD.

 

Sebagai Nara Sumber adalah Bp. DR. Mulyanto, SE,ME dan Ibu Rutiana Dwi Wahyuningsih dari LPPM UNS Surakarta dan Ir. Djoko Sarwono, M.Si dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah.

 

Acara di buka oleh Asisten Ekbang dan Kesra Setda Kabupaten Boyolali Bapak Drs. Sugiyanto, M.Si dan Sambutan disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Boyolali Bapak H. Setyo Wibowo, S.Sos, M.Si, dan sebagai moderator dalam sesi tanya jawab adalah Kabid Penyusunan Perencanaan, Evaluasi dan Litbang Bappeda Kab. Boyolali Bapak Kariyono, S.Sos, M.Si.

 

Para Nara Sumber menjelaskan beberapa hal antara lain menjelaskan tentang mekanisme penyusunan RPJMD, sistematika dokumen RPJMD, trik atau rumus dalam menetapkan tujuan, sasaran dan indikator dalam RPJMD, sinkronisasi antar dokumen perencanaan, dll.

 
RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) adalah dokumen perencanaan Pemerintah Daerah untuk periode 5 (lima) tahun ke depan, yang memuat penjabaran dari Visi, Misi, dan Program dari Kepala Daerah terpilih. Dalam penyusunan RPJMD berpedoman pada RPJP Daerah dan memperhatikan RPJM Nasional, yang di dalamnya memuat Arah Kebijakan Keuangan Daerah, Strategi Pembangunan Daerah, Kebijakan Umum, dan Program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Program Lintas SKPD, dan Program Kewilayahan disertai dengan Rencana-rencana Kerja dalam Kerangka Regulasi dan Kerangka Pendanaan yang bersifat indikatif.

 
Dalam penyusunan dokumen RPJMD juga ditekankan arti pentingnya upaya dalam menerjemahkan visi, misi dan agenda Kepala Daerah terpilih ke dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang mampu merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan maupun ketidakberhasilan pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun ke depan. Perlu adanya kecermatan dan pemahaman khusus tentang cara merumuskan tujuan, sasaran dan strategi yang tepat dalam peyusunan dokumen RPJMD.

 
Dengan diadakannya Capacity Building ini diharapkan bisa menghasilkan dokumen RPJMD yang berkualitas baik, sehingga dokumen RPJMD Kabupaten Boyolali Tahun 2016-2021 diharapkan dapat dijadikan sebagai alat pemandu, pengarah dan pedoman dalam pelaksanaan program-program pembangunan daerah selama kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan, sekaligus juga dijadikan dasar dalam pertanggungjawaban atas pelaksanaan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat pada setiap akhir tahun anggaran maupun pada saat akhir masa jabatan.

 

Foto-Foto

Read 1108 times
Last modified on Thursday, 29 September 2016 01:24